Saturday 13 October 2018

#SIP CBIS (COMPUTER BASE INFORMATION SYSTEM) & EVOLUSINYA

C. CBIS (COMPUTER BASE INFORMATION SYSTEM) & EVOLUSINYA



1. CBIS (COMPUTER BASE INFORMATION SYSTEM)

Rainer & Cegielsy (2012), menjelaskan bahwa CBIS adalah sistem informasi yang menggunakan teknologi komputer untuk melaksanakan sebagian atau semua tugas untuk direncanakan. 

Bell & Collen (1992), mendefinisikan CBIS adalah sistem tersusun yang mengandalkan teknologi hardware dan software pada komputer untuk mengumpulkan, mengolah, menyimpan, dan membagikan data. 

Adapun juga Rainer & Cegielsy (2012), menjabarkan komponen dasar CBIS adalah sebagai berikut: 
a. Perangkat keras (hardware): alat-alat fisik seperti keyboard, mouse, monitor, printer yang berfungsi untuk mengolah data. 
b. Perangkat lunak (software): program yang menjalankan hardware yang beroperasi. 
c. Basis data (database): kumpulan berkas atau tabel yang berisikan data yang saling berhubungan.
d. Jaringan (networks): sistem penghubung yang memungkinkan komputer yang berbeda saling berbagi data. 
e. Prosedur (procedures): adalah perintah untuk menggabungkan seluruh komponen diatas menjadi hasil yang diinginkan. 

2. Evolusi  CBIS (COMPUTER BASE INFORMATION SYSTEM)

a. EDP (Electronic Data Processing)
Valerie (1997), menjelaskan bahwa EDP (Electronic Data Processing) merujuk pada penggunaan metode otomatis untuk mengolah data komersial menggunakan komputer. Biasanya EDP menggunakan kegiata yang berulang dan relatif sederhana untuk memproses volume besar informasi serupa. 

Misalnya: pembaruan stok inventaris, transaksi perbankan yang diterapkan ke akun pelanggan, transaksi pemesanan dan tiket untuk sistem pemesanan maskapai, penagihan untuk layanan utilitas. 

b. SIM (System Information Management
Bourgeois (2014), menjelaskan bahwa SIM (System Information Management) adalah sebuah sistem informasi yang digunakan untuk pengambilan keputusan, koordinasi, kontrol analisis, dan visualisasi informasi dalam suatu organisasi khususnya disebuah perusahaan. 

Fatta (2007), mendefinisikan SIM (System Information Management) sebagai sebuah sistem informasi tingkat manajemen yang bertugas dalam membantu perencanaan, pengendalian, dan pengambilan keputusan dengan menghadirkan ikhtisar dan laporan rutin. 

c. Otomatisasi Kantor 
Mcleod (2001), mendefinisikan otomatisasi kantor adalah sebuah sistem elektronik formal maupun informal yang berkaitan dengan komunikasi antar orang yang berada dalam atau di luar suatu perusahaan. 

Mcleod & Schell (2007), menjelaskan pada tahun 1960-an ketika IBM memperkenalkan sebuah istilah pengenalan kata lalu teknologi seperti email diaplikasikan pada pekerjaan kantor dan kemudian disebut dengan otomatisasi kantor.  

d. Expert System 
Leondes (2012), menjelaskan expert system (sistem pakar) merupakan sistem komputer berbasis pengetahuan yang meniru pengembalian keputusan para pakar atau ahli yang mempunyai tujuan utama untuk melakukang fungsinya untuk mendukung manusia yang mengoprasikannya. 


Daftar Pustaka:
Bourgeois, D. T. (2014). Information system for bussnines and beyond. Washington: The Saylor Academy. 
Ball, M. J., & Collen, M. F. (1992). Aspects of the computer-based painted record. New York: Springer.
Fatta, H. A. (2007). Analisa dan perencangan sistem informasi untuk keunggulan bersaing perusahaan dan organisasi modern. Yogyakarta: Andi Offset.
Leondes, C. T. (2012). Expert system: The technology of knowledge management an decision making for yje 21st century. California: Academic Press.
Mcleod, R. (2001). Sistem informasi manajemen. Jakarta: Prenhaslindo. 
Mcleod, R., & Schell, G. P. (2007). Management information system. New York: Pearson. 
Rainer, R. K., & Cegielsy. Introduction to information system: support and transforming business fourth edition. New Jersey: John Willey and Sons. 
Valerie, I. (1997). Dictionary of computing. Oxford: Oxford University Press. 



No comments:

Post a Comment